Spread the love

MAPPI – 11 September 2023 merupakan hari yang paling bersejarah bagi warga masyarakat Kabupaten Mappi karena tepat pada hari itu Pesawat Trigana Air ATR-42 resmi melakukan penerbangan perdana rute Merauke-Kepi. Penjabat Bupati Mappi Michael Rooney Gomar, S.STP., M.Si. dan Ketua DPRD Kabupaten Mappi Benediktus Paliling ikut serta menjadi penumpang dalam penerbangan perdana tersebut.
Sesaat setelah mendarat, pesawat Trigana Air menerima sambutan water salute dari kendaraan PKP-PK Bandara Kepi sebagai tanda penghormatan dan penghargaan. Selain itu, para Pejabat bersama warga menyambut para penumpang dan awak pesawat dengan tari-tarian adat Mappi.
Irwan Rohendi, Area Manager Trigana Air Papua yang ikut dalam penerbangan tersebut berterima kasih kepada Pemda Kabupaten Mappi yang telah mempercayakan PT. Trigana Air untuk melayani masyarakat Mappi.
Beliau menjelaskan bahwa Trigana Air Service akan memberikan pelayanan yang penuh terhadap masyarakat di Kabupaten Mappi. Dalam 2 minggu ini akan dicoba dengan schedule 1 minggu 3 kali di hari Senin, Kamis dan Sabtu.
“Tentunya pesawat yang kita gunakan adalah ATR-42 dan untuk hari kamis besok kita akan coba dengan Dornier 328, dimana kapasitasnya tidak jauh beda dengan ATR-42”, ungkapnya.
Dalam kesempatan yang sama, Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar, S.STP., M.Si. dalam sambutannya menyatakan bahwa hari ini menjadi sejarah dan kenangan bagi masyarakat Mappi karena mendapatkan pelayanan penerbangan perdana Trigana Air.
“Tepat hari ini, Senin 11 September 2023 menjadi suatu sejarah dan kenangan kepada kita semua bahwa pada hari ini kita bisa bersama-sama melihat, menikmati, serta mendapatkan pelayanan penerbangan perdana dari PT. Trigana Air Service kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Mappi”, ujarnya.
Beliau menjelaskan bahwa program kerja yang sudah dilaksanakan oleh para pejabat-pejabat sebelumnya jadi kebanggaan dan apresiasi karena atas jasa-jasa mereka maka hari ini kita bisa menikmati layanan penerbangan perdana Trigana Air. Tentunya didukung juga oleh Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Bandar Udara Kepi bersama para jajaran, para Sekda, dan semua pihak yang mendukung agar PT. Trigana Air Service secepatnya melakukan pelayanan kepada masyarakat Kepi.
“Seperti yang tadi sudah disampaikan oleh Manager Pt. Trigana Air semoga rencana ke depan, seperti jadwal penerbangan setiap hari dan rute-rute penerbangan lainnya mungkin bisa ditambahkan lagi”, harapnya.
Pengembangan bandara ini akan terus ditingkatkan, mudah-mudahan melalui APBD Perubahan Provinsi Papua Selatan, APBD Perubahan Kabupaten Mappi, dan Dinas Perhubungan Papua Selatan sudah direncanakan untuk melakukan pengembangan antara lain peningkatan jalan, akses pintu masuk dan keluar, fasilitas penerangan, penambahan areal parkiran, penambahan apron dan fasilitas-fasilitas lainnya.
“Dengan tersedianya sarana dan prasarana yang sudah baik dan siap untuk diresmikan, maka kami Pemerintah Kabupaten Mappi akan menyurat secara resmi kepada Presiden Jokowi, mudah-mudahan beliau berkenan untuk hadir dan melakukan peresmian Bandar Udara Kepi”, ungkapnya.
Penjabat Bupati Mappi juga berharap adanya penurunan harga tiket sehingga masyarakat bisa mendapatkan layanan penerbangan dengan harga tiket yang terjangkau, serta berharap agar pelayanan tiket khusus untuk PT. Trigana Air dapat dijual secara online sehingga masyarakat dapat menikmati layanan pembelian tiket secara online.
“Mari kita semua mendoakan bersama-sama agar layanan ini berjalan dengan lancar dan dapat memberikan manfaat dan dampak kepada masyarakat Kabupaten Mappi untuk terus menumbuhkan pertumbuhan ekonomi demi kemajuan daerah Pemerintah Kabupaten Mappi”, ujar Penjabat Bupati Mappi mengakhiri sambutannya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *