Spread the love

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati hari kemerdekaan republic Indonesia yang ke 79 tahun 2024 yang dilaksanakan di halaman gor Qhandau  Uri jl bawape kepi Kabupaten Mappi Provinsi Papua Selatan Saptu 17 Agustus 2024   Jam 9 pagi berjalan dengan hikmat dan lancar. Upacara di ikuti siswa siswi SD, SMP, SMA/SMK, ASN dilingkungan pemda mappi, TNI/POLRI, GP ansor, tokoh pemuda dan Masyarakat di kabupaten mappi.

Bertindak sebagai inspektur upacara penjabat bupati mappi Dr. Micael Rooney Gomar, S.STP, M.Si, Sedangkan pambaca teks proklamasi Angota DPRD Mappi Barnabas Gobai, pembaca undang undang dasar 1945 Sekda Kabupaten Mappi Ferdinandus Kainakaimu, S.Pd, M.Sc dan doa di bacakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mappi Kristotomus Dendi.

Sebagai komandan upacara Lettu Inf Yudianti, komandan paskibra Serda Yudi A Hatumesen sedangkan yang membawa baki bendera merah putih Nuriyanti Dias Siswi dari SMA YPPK St Yohanes Paulus Kepi. Usai upacara bendera dilanjutkan dengan perlombaan panjat pinang yang mana bagi Masyarakat yang bisa mengambil bendera di atas pohon pinang mendapatkan uang sebesar tujuh belas juta lima ratus ribu rupiah.

Usai penurunan bendera merah putih  pada pukul 7 malam dilanjutkan dengan acara resepsi Hari Ulang Tahun Republik Indonesia  yang dilaksanakan di Qhandau Uri Jalan Bawape Kepi, resepsi tersebut dihadiri Pj Bupati Mappi, Sekda Mappi, Kapolres Mappi, Dandim 1704 Mappi Para kepa OPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat kabupaten Mappi.

Dalam sambutanya penjabat bupati mappi Dr. Michael Rooney Gomar, S.STP, M.Si mengatakan tadi kita sudah mengikuti Bersama berdasarkan laporan ketua panitia tadi pada tanggal 24 juli telah dilaksanakan upacara pembukaan dan perlombaan dalam rangka menyambut hari ulangtahun republic Indonesia yanh ke 79 tentunya semua kegiatan yang dilaksanakan semua bisa berjalan dengan baik dan sukses karena keterlibatan kolaborasi dan dukungan dari semua pihak, baik itu dari internal panitia dukungan TNI?POLRI dukungan tokoh Agama, tokoh adat dan seluruh warga Masyarakat sehingga semua perlombaan dan pertandingan bisa berjalan dengan baik dan situasi kamtibmas hingga kini masih tetap kondusif.

Lebih lanjut dijelaskan pada tahun ini acara hari ulangtahun kemerdekaan republic indonesia agak berbeda dengan tahun tahun sebelumnya pada tahun 2023 kemarin kita mengadakan pasar malam tetapi berdasarkan rapat panitia kita tidak mengadakan di tahun 2024 ini mengingat kondisi daerah dan situasi kamtibmas sehingga kita sepakati tidak mengadakan pasar malam dan hanya mengadakan perlombaan dan saya bersyukur panitia Bersama Masyarakat bisa bergandengan tangan sehingga pelaksanaan kegiatan bisa berjalan sampai dengan mala mini.

Pada malam resepsi juga dilakukan pemotongan kue tumpeng dan tos Bersama dan penyerahan hadiah perlombaan dan pertandingan , selain itu PJ Bupati Mappi Juga  menyerahkan kartu BPJS ketenagakerjaan dan hibah motor kepada pemuka agama yang ada di kabupaten mappi dan acara di tutup dengan doa lintas agama.

Dari Kabupaten Mappi Douglas Prasetya melaporkan.

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *